Nemanja Matic Curi Perhatian Mourinho, Siap Tampil di Piala Super Eropa?


Belum lama menjadi bagian dari Manchester United, gelandang serang Nemanja Matic langsung membuat pelatihnya Jose Mourinho terkesan. Diboyong dari Chelsea seharga 40 juta poundsterling, Matic terlihat apik dalam memainkan laga debutnya melawan Sampdoria di Aiva Stadium Irlandia pada hari Kamis pekan lalu.

Ini menjadi laga pra-musim pertama Matic, setelah sebelumnya tak diikutsertakan dalam tur pra-musim bersama Chelsea. Di laga kontra Sampdoria itu, MU mampu memenangkan laga dengan raihan skor 2-1. Meski tidak mencetak gol, tapi penampilan Matic saat itu dinilai sangat memuaskan.

Sang juru racik Jose Mourinho, yang mengawal anak asuhnya, menurunkan formasi 3-4-2-1. Ia pun terkesan dengan kegemilangan Matic sepanjang berada di atas lapangan. Mourinho juga tak segan langsung menjadikan pemain berusia  29 tahun sebagai starter di laga debutnya. Matic pun sepertinya tak ingin kecewakan Mourinho. Tampil di barisan tengah MU, Matic nyaris sempurna dalam memutus serangan lawan.

Meskipun baru seumur jagung bersama MU, namun Matic sudah banyak memberikan dampak positif untuk setan merah. Hal ini ditunjukkan dengan rataan jumlah operan yang mencapai angka 87% saat bertanding melawan Sampdoria. Angka yang mampu membuat Matic lebih unggul dari Paul Pogba yang hanya sekitar 76,2%. Walau Mourinho hanya memberi kesempatan Matic untuk bermain selama 45 menit , namun pria berusia 54 tahun itu merasa sangat puas dengan penampilan anak asuhnya.

Mourinho juga memuji Matic dengan menyebutnya sebagai pemain brilian. Matic juga mudah beradaptasi dengan semua pola permainan yang diajarkan oleh pelatih asal Portugal itu. Meskipun begitu, bagi Mourinho Matic masih perlu banyak rombakan terlebih untuk kondisi fisiknya. Mourinho pun mengungkapkan bahwa kedatangan Matic sangat membuatnya bahagia. Terlebih lagi saat semua pinangan MU termasuk Matic, Romelu Lukaku dan Victor Lindelof rela meninggalkan klub lama mereka demi bergabung di Old Traffod.

Sebenarnya Mourinho sendiri belum puas hanya mendapat tiga pemain baru. Kabarnya MU pun masih memperjuangkan pemain sayap Inter Milan, Ivan Perisic. Namun Mourinho mengaku jika dirinya tidak terlalu ngoyo untuk dapatkan Perisic. Hal ini disebabkan karena saat memboyong tiga pemain mahal tersebut, Mourinho mengaku bahwa klubnya harus mengeluarkan dana yang tidak sedikit. Untuk memboyong Lukaku dari Everton saja MU harus menggelontorkan uang sekitar 75 juta pound.

Terlepas dari kecemerlangan seorang Nemanja Matic dalam mengolah bola, ada hal lain yang cukup menggelitik dalam pertandingan melawan Sampdoria beberapa waktu yang lalu itu. Kejadian unik yang bermula ketika Matic yang hendak mengejar bola yang melaju keluar lapangan justru membuatnya kehilangan keseimbangan. Sempat akan terjatuh kaki Matic justru menendang bola ke kursi penonton. Bola liar itu mengenai wajah seorang perempuan berkacamata. Kejadian yang terjadi di menit ke-37 itu tak sengaja terekam kamera TV. Dalam rekaman itu, Matic terlihat menghampiri perempuan yang sedang menahan rasa sakit dan memeluknya sebagai permohonan maaf. Respon positif ditunjukkan oleh para penonton dengan memberikan tepuk tangan dan seruan untuk Matic.

Berkat penampilan apiknya ini, Nemanja Matic pun berkesempatan besar untuk tampil di laga Piala Super Eropa menghadapi Real Madrid pada hari Rabu (9/8/2017). Hal itu pula yang sempat dikatakannya pada wawancara pertamanya di MUTV. Matic merasa tak sabar untuk tampil melawan Real Madrid, walau dirinya juga tidak mau terlalu percaya diri akan diturunkan sebagai starter atau hanya dimainkan dari bangku cadangan oleh Jose Mourinho.